Sabtu, 27 April 2024
  • malbar@luwuutarakab.go.id

Meriahkan HUT ke-74 RI, Warga Malbar Pawai Karnaval

Meriahkan HUT ke-74 RI, Warga Malbar Pawai Karnaval "Pawai Karnaval Budaya di Malangke Barat"

Malangke Barat ---  Masyarakat Kecamatan Malangke Barat (Malbar) tumpah ruah di sepanjang jalan dari pasar Amassangan menuju Lapangan Datok Sulaiman desa Pao, persis di depan Rumah Jabatan Camat Malbar. Inilah cara masyarakat Malbar dalam memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI lewat sebuah pertunjukan pawai karnaval budaya yang melibatkan seluruh elemen masyarakat di sana, Rabu (7/8/2019).

Tidak kurang dari 1 kilometer, iring-iringan warga melintasi jalan dengan penuh kegembiraan, meski harus rela berjalan kaki di tengah siraman matahari yang begitu menyengat. Riang gembira mengangkasa di langit Malbar. Senyum dan tawa menjadi hiasan di wajah para generasi pasca kemerdekaan ini. “Alhamdulillah, pawai karnaval berlangsung aman, tertib dan lancar,” kata Camat Malbar, Sulpiadi, usai pawai karnaval dihelat.

Camat Sulpiadi menyebutkan, pawai karnaval dimulai pada pukul 14.00 wita sampai 16.00 wita. “Sekira dua jam kita bergembira bersama warga. Alhamdulillah, antusiasme warga begitu nyata terlihat,” imbuhnya. Ia mengatakan, kehadiran PMI Kabupaten Luwu Utara semakin menambah kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan di Malbar, karena pasukan palang merah ini melaksanakan donor darah. “Kita donor darah dengan berpakaian adat,” kata Sulpiadi.

Pawai karnaval diikuti sebanyak 26 kontingen. “Tidak hanya pawai karnaval budaya, kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan juga kita lakukan dengan berbagai lomba, di antaranya sepak bola, bola voli, kasti, lomba kebersihan desa dan sekolah, serta cerdas cermat antarkader,” sebut Ketua Panitia HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Herdi Jauri. “Kita berupaya kegiatan semacam ini terus berlanjut di masa-masa mendatang,” pungkasnya. (LH)